Inilah 5 Ponsel Jadul yang Pernah Populer di Indonesia Ini

Nokia 3310

Sebelum era smartphone, ponsel telah hadir menemani banyak orang. Dimulai ketika ponsel hanya untuk menelepon kemudian menjadi booming sekitar awal 2000-an saat ponsel sudah mengenal teknologi SMS, MMS, dan kamera.

Masa itu, ponsel pun berkembang. Dari yang layar monokrom sampai layar berwarna, dari yang suara monophonic sampai polyphonic, dan dari yang tak berkamera sampai ke yang berkamera.

Kala itu, tidak ada aplikasi pesan instan, tidak ada permaban layaknya permaban di perangkat PC, apalagi games dengang kualitas grafis tinggi.

Meskipun tidak secanggih sekarang, ponsel-ponsel pada masa itu masih cukup bisa diandakan untuk berbagai keperluan. Terutama, untuk sekadar telepon, sms, pengingat, ataupun stopwatch.

Dan diantara ponsel-ponsel yang ada kala itu, ada  5 ponsel yang tergolong cukup populer pada masanya. Saya hampir selalu menemukan orang-orang yang menggunakan 5 ponsel berikut ini yang saya urutkan dari yang terjangkau sampai yang diidamkan.

Berikut daftarnya!

1. Ericsson T10

Ericsson T10

Sebelum bergabung dengan Sony, Ericsson sempat merasakan masa keemasan karena produk ponselnya cukup laris. Salah satu produknya yang cukup laris  di Indonesia adalah Ericsson T10..

Ini adalah ponsel  populer karena memiliki 5 warna desain  cerah yang cantik (kuning, biru, ungu, merah muda, dan toska) sehingga banyak orang menyukainya. Tapi tidak hanya soal desain, ponsel ini juga kuat secara fisik. Tidak kalah dengan produk Nokia saaat itu.

Teman saya waktu itu memiliki ponsel ini dan pernah jatuh. Tidak ada kerusakan sama sekali. Harganya pun tergolong murah.

Saat itu (sekitar 2003-2004), saya masih ingat harga ponsel ini hanyalah Rp 100 ribu saja Padahal sebelum tahun 2000, ponsel ini dibanderol cukup mahal.

2. Siemens C35

Siemens C35

Ada berbagai alasan mengapa ponsel ini cukup populer. Beberapa diantaranya adalahh desainnya yang mungil, adanya games, pengingat ulang tahun, dan tentu saja kepraktisan untuk SMS dan telepon.

Sama seperti Ericsson T10, ponsel ini cukup kokoh bahkan jatuh beberapa kali pun. Ini bukan dugaan karena teman dekat saya pernah memakai ini dan saya tahu dia pernah menjatuhkan beberapa kali.

Karena berbagai kelebihan, itu Siemens C35 menjadi ponsel yang cukup banyak diminati di pada awal tahun 2000-an.

3. Nokia 3310

Nokia 3310

Kalau mau menyebut ponsel sejuta umat ketika generasi 2000-an berjalan, maka Nokia 3310 jawabannya. Dimanapun saya berada atau berkelompok, saya pasti menemukan orang yang memakai Nokia 3310.

Ponsel ini menarik banyak perhatian. Selain karena nama Nokia yang cukup melambung saat itu, ponsel ini juga dikenal kokoh dan tahan banting. Bahkan, ponsel ini bisa dibilang “abadi” karena masih terus diperbincangkan ketika dibandingkan dengan smartphone.

Harganya awal-awal sekitar Rp 1 jutaan tapi kemudian terus menurun seiring berjalannya waktu. Ponsel ini sendiri masih banyak dijual di toko online dna menjadi ponsel yang akan terus diingat dan “legendaris”.

4. Motorola Razr V3

Motorola Razr V3

Sekitar medio 2004-20005, Motorola pernah berjaya dan menarik perhatian banyak orang dengan produk Motorola Razr V3

Ponsel dengna layar 2,2 inci dan resolusi 176 x 220 piksel ini termasuk ponsel berkelas dan cukup banyak yang menginginkannya. Bahkan, ponsel jadi semacam identitas gaya hidup.

Berbeda dengan tiga ponsel sebelumnya yang populer di berbagai kalangan, Motorola Razr V3 sangat populer dari kalangan menengah ke atas.

Daya tarik ponsel ini, tentu saja kamera VGA dan desain fiip aliasi clamshell dengan material yang tampak kokoh dan berkelas.

5.  Sony Ericsson K750

Sony Ericsson K750

Ketika Ericsson sudah bergabung dengan Sony, mereka berdua menciptakan berbagai ponsel modern (kala itu) yang cukup menarik perhatian. Dan tahun 2005, Sony Ericsson K750 menjadi primadonanya.

Perangkat ini menarik perhatian karena menawarkan kamera 2MP. Saat itu, ponsel dengan kamera 2MP menjadi ponsel yang hebat mengignat ponsel lainnya masih menggunakan kamera VGA.

Ini yang membuat orang-orang mengincar Sony Ericsson K750. Kebutuhan SMS dan telepon saja, saat itu sudah mulai ditinggalkan dan orang membutuhkan perangkat yang lebih modern.

Kelebihannya lainnya adalah desain produk ini yang berkelas dengan cover yang bisa dibuka tutup.  Memiliki ponsel ini kala itu menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan.

Mereka yang membutuhkan tak sekadar SMS dan telepon, sangat mengidolakan untuk emmiliki perangkat ini.

Nah, itu lima ponsel yang cukup populer dan banyak penggunanya, terlebih di Indonesia. Ada juga memang ponsel lainnya yang lebih populer. Tapi kelima ponsel tersebut, saya kategorikan berdasarkan kelasnya dengan rentang waktu tahun 2000 sampai 2005.

Disclaimer
Artikel ini sebelumnya muncul di Plimbi.com, terbit di situs ini dengan beberapa perubahan kata. 

Follow me

Hilman Mulya Nugraha

Hilman aktif menulis sejak 2013 di beberapa situs seperti AnneAhira.com, Portal.Paseban.com, Pricebook, dan beberapa situs lainnya.Saat ini ia menulis dan menjabat sebagai editor di Carisinyal.com

Seorang technology dan Digital Enthusiast ini sempat menjadi Content Manager di Plimbi.com dan 4vision.com. Ia juga pernah beberapa kali juara lomba blog tema teknologi dan tema lain yaitu Lomba Blog Review Asus Zenfone 2 Laser 2015, Juara 2 Lomba Blog MyRepublic 2015, Juara 1 Lomba Blog Kudo Gathering Bandung 2016, Juara 2 Lomba Blog EVHIVE (Cocowork) Coworking Space 2017. Hilman juga sempat menjuarai lomba blog non teknologi sepertiJuara Harapan Lomba Blog Sunlife 2015, Juara 2 Lomba Karya Tulis Blogger Kementerian Koperasi dan UKM2017 dan Juara 3 Lomba Blog Konferensi Ayah Bunda Platinum 2017.

Selain aktif di dunia tulis menulis, Hilman juga sedang memperlajari dunia SEO dan digital marketing dan menerapkannya lewat Gawai.ID

Hilman Mulya Nugraha
Follow me

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *